Tips dan Trik lulus pada saat interview kerja
Interview ? Semua pasti sudah tau dan sudah merasakan betapa groginya saat saat akan menghadapi User untuk melakukan interview. pasti rasanya ga karuan tapi tenang ya para pembaca artikel widya punya tips dan triknya lulus saat interview nih simak baik baik ya baca dan jangan sampai ada yang terlewat .
![]() |
Sumber by Google.com |
1. Percaya diri
Rasa Percaya diri ini sangatlah penting untuk di perlihatkan dihadapan para pemberi wawacara atau biasa kita sebut dengan User. Percaya diri dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tapi juga mengenai kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan pada si karyawan, semakin percaya diri maka akan semakin merasa bisa menuntaskan semua tugas yang diberikan, dan bahkan seseorang dengan karakter demikian jauh lebih cepat mempelajari hal-hal baru yang mana inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Jika anda tidak memiliki modal percaya diri ini anda akan sulit sekali untuk melewatkan test interview kerja dan jika seseorang kurang percaya diri maka ia akan sulit melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya akan banyak pekerjaan yang terbengkalai karenanya.
2. Jangan Pernah Memberi Jawaban " Tidak "
Ini adalah poit penting yang saya sarankan selain point nomor 1, Sering kali saat kita mengikuti tes interview maka si penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki, misalnya saja ditanya, “Bisa komputer?” atau “Bisa menggunakan program komputer seperti Photoshop, Powerpoint dan sebagainya?”. Nah kalau kamu mendapat pertanyaan interview seperti ini maka pastikan untuk tidak menjawab ‘tidak’, karena sekali kamu menjawab demikian maka si penguji tadi sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuanmu dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati bahwa kamu tidak layak diterima kerja, dan juga sudah pasti selanjutnya tidak akan adalagi panggilan untuk proses melamar kerja berikutnya (seperti nego gaji per bulan dll) karena kamu sudah dianggap gugur.
3. Jawab pertanyaan yang diberikan.
Pada point ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab bertele-tele malah akan mendapat penilaian buruk dari penguji atau HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Di antara efeknya adalah akan dianggap tidak tegas. Jika seandainya hanya jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ yang diminta maka jawab saja seperti itu, tidak usah malah panjang lebar yang membuat kamu sulit sendiri. Kecuali jika memang diminta langsung dari HRD-nya, maka dapat kamu jawab dengan lengkap dan detail.
4. Motivasi Kerja
Jelaskan motivasi kerja kalian itu untuk apa berekja disini jika dari pihak penguji bertanya dan pastinya kalian harus memberi jawaban yang sesuai dan jelas dan jangan sampai kaliam memberikan alasan yang buruk dan membuat si penguji mengangap anda tidak kompeten dalam bidak yang anda lamar dan bisa jadi juga anda di tandai sebagai karyawan buruk.
5. Tawar Menawar Gajih
Berikan jawaban yang Normaltif, maksudnya adalah bahwa jawaban yang kamu berikan tidak secara spesifik menjawab pertanyaan dari kepala bagian kepegawaian yang biasanya jadi juru seleksi. Jadi misalnya ditanya “berapa gaji yang kamu inginkan?” maka cukup bilang “sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja."
Mungkin sedikit Tips dan Trik dari widya semoga bisa bermanfaat untuk pembaca jangan lupa add friend widy pada facebook dan google + agar kita bisa menjadi teman dan saling berbincang.
Terimakasih tunggu postingan aku berikutnya ya.
EmoticonEmoticon